Joseph Turow (2009). Media Today : An Introduction To Mass Communications. 3rd Edition Part Five : Advertising and Public Relations

Pendahuluan

Seiring perkembangan teknologi, komunikasi pun ikut berkembang pula atau yang sering kita sebut teknologi komunikasi. Media massa merupakan salah satu aspek yang paling mempengaruhi proses perkembangan teknologi komunikasi. Perkembangan teknologi komunikasi tidak terlepas dari peran seorang Public Relation dan advertising. Tugas seorang Public Relation adalah menciptakan citra baik perusahaan sehingga dapat menghasilkan kesetiaan publik terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaan (Mulyana, 2007). Selain itu public relation bertujuan untuk menciptakan, membina dan memelihara sikap budi yang menyenangkan bagi lembaga atau organisasi di satu pihak dan dengan publik di lain pihak dengan komunikasi yang harmonis dan timbal balik (Maria, 2002). Sedangkan tujuan dari periklanan adalah suatu bentuk komunikasi yang ditujukan untuk mengajak orang yang melihat, membaca atau mendengarnya untuk melakukan sesuatu. Promosi biasanya mencakup nama prodak atau layanan dan bagaimana prodak dan layanan itu bisa bermanfaat bagi pembeli, untuk mengajak calon pembeli potensial untuk membeli atau mengkonsumsi prodak tertentu.

Isi

Dalam buku Media Today : An Introduction To Mass Communications. 3rd Edition , Part Five : Advertising and Public Relations , karangan Joseph Turrow, mengatakan bahwa zaman teknologi sekarang ini tidak terlepas dari dunia periklanan dan juga hubungan masyarakat atau yang biasa dikenal dengan public relation. Dunia komunikasi tidak bisa lepas dari dua bidang ini: public relations atau hubungan masyarakat, dan advertising atau periklanan. Apabila komunikasi dapat dibagi menjadi bidang dengan paham idealis dan paham kapitalis, maka humas dan iklan sering disebut-sebut sebagai bidang-bidang yang berada dalam paham kapitalis. Mereka bekerja sering kali untuk kepentingan siapa yang membayar mereka. Mereka juga bertujuan untuk mengejar keuntungan untuk perusahaan mereka. Kedua bidang ini pun sering kali bersaing satu sama lainnya. Namun di era Integrated Marketing Communication (IMC) ini, PR dan iklan sering kali diminta berintegrasi dan bersinergi satu dengan lainnya untuk menciptakan efek yang lebih kuat. Baik humas maupun periklanan sama-sama saat ini dihadapi pada tuntutan mengikuti perkembangan teknologi. Cara-cara konvensional mulai diminta untuk ditinggalkan, digantikan oleh strategi-strategi yang memanfaatkan perkembangan teknologi.

Saya sangat setuju dengan Joseph Turrow, bahwa saat ini peran seorang Public Relation dan sebuah advertising sangat diperlukan dalam dunia teknologi komunikasi. Media massa merupakan alat terbaik untuk menyebarkan informasi (menyampaikan pesan, menawarkan produk, dll) sehingga disinilah peran advertising dimulai. Periklanan merupakan alat untuk mempro,osokin produk melalui media massa *cetak, elektronik maupun internet), sehingga perusahaan dapat menjangkau semua masyarakat secara luas dari berbagai kalangan. Selain itu, peran seorang Public Relation pun sanagat besar. Public Relation adalah tonggak dari suatu perusahaan. Kehidupan perusahaan ada di tangan seorang Public Relation, karena citra perusahaan dipengaruhi oleh citra seorang PR perusahaan tersebut. Public relation berperan dalam pencitraan perusahaan dan produk itu sendiri.

Pada masa revolusi industri, inovasi-inovasi terus bermunculan. Inovasi-inovasi tersebut juga memunculkan teknologi-teknologi baru di dunia periklanan, seperti TV, radio, dan sebagainya. TV hingga saat ini masih menjadi media favorit para pengiklan untuk menaruh iklan mereka. Hal tersebut dikarenakan jangkauan TV yang sangat luas, baik secara demografi maupun geografi. Sekali mereka menaruh iklan di TV, maka iklan tersebut bisa ditonton oleh semua orang. Tapi muncul permasalahan dimana iklan tersebut terlalu banyak dan menumpuk di TV sehingga orang jenuh dan pesannya malah tidak sampai ke target khalayak yang tepat. Pengiklan pun mulai beranjak dari strategi periklanan yang masal ke strategi periklanan yang lebih tersegmentasi. Yang paling sering dibicarakan saat ini adalah teknik beriklan dengan menggunakan media internet. Seperti e-commerce misalnya sekarang ini, cara beriklan inilah yang sedang populer dikalangan perindustrian dimana sebagian warga dunia telah terkoneksi dengan internet sehingga dapat mengakses informasi dengan mudah.

Kesimpulan

Peran seorang Public Relation dalam era teknologi komunikasi yang semakin maju sangat dibutuhkan. Dimana melalui PR citra perusahaan bisa menjadi semakin baik jika PR tersebut mampu memperbaiki atau menciptakan citra yang baik. Tapi tidak menutup kemungkinan hal yang terjadi malah sebaliknya. Demikian juga dengan advertising (periklanan). Periklanan sangat penting dalam dunia industry karena melalui periklanan lah perusahaan dapat mempromosikan diri atau produknya.

Sumber

http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/07/public-relation-definisi-fungsi-dan.html
http://id.shvoong.com/business-management/advertising-press-release/2028132-pengertian-dan-fungsi-periklanan/#ixzz1NRgV7tCB
http://en.wikipedia.org/wiki/Advertising_agency
http://en.wikipedia.org/wiki/Public_relations
http://martamaria.blog.binusian.org

About martamaria

Hy everyone :) My full name is Martha Maria Magdalena Tampubolon .... My nick name is Martha . But, i'm so happy if you call me Tha-Tha ... Because, since i was young my big family call me Tha2 :))) I have a strongest dad and mom :) so lucky to have them as my parents..... I have two sisters.. Sometimes we got a fight, yelling each other, yeah, but i love my sisters :* I have a brother ... He's a genius and smart boy... He always gets scholarship... hmmm i'm so proud of him :) I have two dogs hehehhee ... They're so funny :D O yeah, i have 4 bestfriends in my college .. They are Alda, Aldita< Imelda and Irna .... They are so smart :))) That's my family ... Thanks for always give me happiness ... I love them soooo muuucchhh <3 My hobbies are singing and speaking ... hohhoohoo :) I love singing, but my voice isn't as good as Mariah Carey hahhaha :P I want to be a public speaker in the future, bcz i like speaking and i want to be a success woman from what i talking about :) One day, i'll be a GOOD WIFE for my husband and BEST MOTHER for my child :)))) And one thing i have to tell you guys, now i'm 20 years old, trying to figure out my life to the best future with my only HOPE, my GREAT LECTURE, my only one SAVIOR, LORD, Jesus Christ :))))
This entry was posted in Assignments. Bookmark the permalink.

4 Responses to Joseph Turow (2009). Media Today : An Introduction To Mass Communications. 3rd Edition Part Five : Advertising and Public Relations

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *