No, Facebook isn’t shutting down this March

Facebook merupakan jejaring social yang paling diminati saat ini, jumlah pengguna facebook di Indonesia sendiri jauh lebih banyak dari jumlah pengguna facebook di Inggris. Ini menandakan bahwa peminat facebook di Indonesia sangat banyak. Hal yang mengagetkan, jumlah pengguna Facebook di Indonesia berada di peringkat kedua dengan 33 juta pengguna, disusul Inggris di peringkat ketiga dengan 27 juta pengguna. Tingkat penetrasi di Indonesia adalah 13. 96 persen, sementara 44,1 persen di Inggris. Facebook seakan menjadi bagian dari life style masyarakat Indonesia saat ini.

Dulu sempat ada kabar bahwa facebook akan segera ditutup, tapi artikel ini menyebutkan bahwa Maret ini facebook tidak jadi ditutup.  Hari kiamat apokaliptik tahun 2012, sebuah mitos, lebih besar menakutkan telah dipelihara di kepala masyarakat. Pengguna web yang mudah tertipu adalah menyebarkan desas-desus buruk bahwa 600juta-user jejaring sosial berpendapat untuk menutup facebook Maret ini.

Menurut Weekly World News, Mark Zuckerberg, ada berita facebook akan ditutup 15 Maret karena “pengelola situs telah menjadi terlalu stres.” Tapi ini baik untuk kemanusiaan rupanya, karena “tanpa Facebook, orang akan harus pergi ke luar dan membuat teman sejati. Itu selalu merupakan hal yang baik”. Demikian pendapat Mark Zuckerberg, si pembuat facebook. Facebook memang bermanfaat untuk mencari teman dengan mudah, entah itu teman baru atau teman lama. Oleh karena itu, jika facebook ditutup maka semua orang akan mencari teman secara langsung tanpa melalui dunia maya.

Cerita, keluhan, dan lain lain dapat ditulis di facebook dan dibaca oleh semua teman. Kita juga bisa langsung melakukan umpan balik dengan mengomentari tulisan yang dibuat teman kita. Denagn facebook, kita juga dapat mengetahui apa yang sedang dilakukan oleh teman kita, apa yang sedang dipikirkan oleh teman kita bahkan apa yang dapat dirasakan oleh teman kita dengan melihat atau membaca dari statusnya. Karena ada sebagian orang yang sering menulis status secara terus menerus.

Saat ini pun sudah ada pesaing facebook yaitu twitter dengan konsep “retweet” nya. Twitter mempunyai kelebihan dan kekurangan dibanding facebook. Tetapi dengan facebook, kita dapat melakukan chat tidak seperti twitter. Facebook mempunyai lebih banyak fasilitas. Program yang ditawarkan di facebook jauh lebih bervariasi dibanding yang di tawarkan oleh situs jejaring social lainnya. Maka tidak heran kalau facebook membuat si sang penemu Mark Zuckerberg, menjadi salah satu anak muda terkaya abad ini.

Namun jika ada banyak keuntungan dalam facebook, pasti ada juga kelemahannya.”Ada pelajaran penting di sini,” kata Graham Cluley, konsultan teknologi senior di perusahaan keamanan Sophos, “tidak boleh percaya semua yang anda baca di internet, dan harus berpikir dua kali sebelum anda mengirimkan cerita ke teman-teman Anda.” Hal ini yang harus diperhatikan oleh si pengguna situs jejaring social layaknya facebook, twitter atau pun situs jejaring social lainnya. Saat ini banyak tindak criminal yang terjadi karena komunikasi di dunia maya. Facebook sendiri pernah beberapa kali menimbulkan kasus criminal, seperti penculikan bahkan pemerkosaan. Hal ini disebabkan karena kalalaian dari si pengguna, dia mudah percaya dengan orang yang tidak dikenal, atatu dia sembarangan berteman dengan orang di facebook. Hal ini yang seharusnya diwaspadai oleh para pengguna dunia maya, karena apa yang ada di dunia maya belum tentu seperti apa yang ada di dunia nyata.

Pada akhir artikel yang saya baca terdapat tulisan, “Kami tidak mendapatkan memo tentang menutup facebook, jadi kita akan tetap bekerja diri seperti selalu Kami tidak ke mana-mana;. kami baru saja mulai,” kata perusahaan pada halaman Facebook-nya. Hal ini menandakan bahwa isu tentang facebook akan ditutup bulan Maret hanya sekedar kabar burung, karena perusahaan facebook sendiri menekankan bahwa facebook tidak akan ditutup.

Menurut saya facebook akan jauh lebih baik jika tidak ditutup, karena facebook sudah menjadi bagian dari hidup masyarakat saat ini. Ada banyak bagian bagian, dokumen dokumen yang sudah ada di facebook dan saying jika harus hilang begitu saja entah itu foto, video dll. Facebook juga membawa kreuntungan tersendiri jika kita menggunakannya secara baik dan positf. Oleh karena itu saya amat setuju dengan pendapat Graham Cluley yang menegaskan bahwa kita harus berhati hati dalam menggunakan facebook.

About martamaria

Hy everyone :) My full name is Martha Maria Magdalena Tampubolon .... My nick name is Martha . But, i'm so happy if you call me Tha-Tha ... Because, since i was young my big family call me Tha2 :))) I have a strongest dad and mom :) so lucky to have them as my parents..... I have two sisters.. Sometimes we got a fight, yelling each other, yeah, but i love my sisters :* I have a brother ... He's a genius and smart boy... He always gets scholarship... hmmm i'm so proud of him :) I have two dogs hehehhee ... They're so funny :D O yeah, i have 4 bestfriends in my college .. They are Alda, Aldita< Imelda and Irna .... They are so smart :))) That's my family ... Thanks for always give me happiness ... I love them soooo muuucchhh <3 My hobbies are singing and speaking ... hohhoohoo :) I love singing, but my voice isn't as good as Mariah Carey hahhaha :P I want to be a public speaker in the future, bcz i like speaking and i want to be a success woman from what i talking about :) One day, i'll be a GOOD WIFE for my husband and BEST MOTHER for my child :)))) And one thing i have to tell you guys, now i'm 20 years old, trying to figure out my life to the best future with my only HOPE, my GREAT LECTURE, my only one SAVIOR, LORD, Jesus Christ :))))
This entry was posted in Assignments and tagged . Bookmark the permalink.

11 Responses to No, Facebook isn’t shutting down this March

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *